Sejarah Zodiak Cina (Shio)


download 100.18 Kb.
jenengSejarah Zodiak Cina (Shio)
Kaca1/4
KoleksiDokumen
c.kabeh-ngerti.com > Astronomi > Dokumen
  1   2   3   4
Sejarah Zodiak Cina (Shio)

Menurut sejarah, zodiak binatang Cina dikenalkan kurang lebih pada tahun 2637 SM, ketika Kaisar Cina Huang Ti memulai putaran pertama dari zodiak tersebut pada tahun pemerintahannya yang ke-61. Tidak seperti astrologi barat yang berdasar pada peredaran planet-planet dalam tata surya kita, astrologi Cina berdasar pada kalender bulan yang dimulai pada akhir bulan Januari sampai pertengahan Pebruari setiap tahun, tergantung pada tanggal jatuhnya bulan baru.
TIKUS

1900 | 1912 | 1924 | 1936 | 1948 | 1960 | 1972 | 1984 | 1996 | 2008



Jam Tikus: 23.00 - 00.59

Orang-orang Tikus dilahirkan dibawah tanda yang menunjukkan daya tarik dan usaha yang tidak kenal lelah. Mereka adalah orang-orang yang hangat dengan kepribadian yang penuh semangat, yang selalu ingin menghasilkan sesuatu. Hal ini berarti bahwa Tikus bersifat rakus akan kehidupan dan ingin memanfaatkan setiap kesempatan semaksimal mungkin. Para Tikus adalah oportunis sejati yang hanya memikirkan kehidupan pada saat ini dan jarang merencanakan hari esok. Kebanyakan Tikus menghasilkan lebih banyak dalam 24 jam daripada yang kebanyakan orang hasilkan dalam beberapa hari. Cerdas dan pandai bergaul, mereka menyukai perkumpulan besar dan klub-klub eksklusif dimana mereka dapat memperluas kesempatan dengan relasi mereka. Cepat tanggap dan suka berbicara, Tikus jarang perlu mencari pengagum.

Seorang Tikus biasanya memiliki lebih banyak kenalan daripada teman sejati. Meskipun mereka tahu sesuatu tentang hampir semua orang di kota, mereka bersikap protektif bila menyangkut perasaan mereka dan bila harus memperlihatkan perasaan terdalam kepada beberapa orang saja. Di lain pihak, Tikus yang lihai dapat dengan mudah mengorek informasi dari orang lain dan tidak ragu untuk menggunakan bocoran informasi dari suatu sumber atau mengambil keuntungan dari kesalahan orang lain. Lagi pula, jika ia tidak memanfaatkan kesempatan tersebut, orang lain pasti melakukannya.

Walaupun warga Tikus mungkin murah hati dengan waktu dan nasehat serta memperlihatkan perhatian yang besar terhadap orang-orang disekitarnya, akan jarang ditemukan seorang Tikus yang memberikan uang atau hadiah dengan mudah kepada mereka yang bukan termasuk dalam keluarga atau mereka yang benar-benar disukainya. Jika anda mendapatkan hadiah yang mahal dari seorang Tikus, anda seharusnya bersyukur bahwa anda telah mendapat nilai lebih dalam pandangannya. Walaupun Tikus umumnya tidak dikenal sebagai orang yang romantis, tetapi mereka sangat sentimental terhadap keluarga dan sangat setia terhadap orang tua dan anak-anak mereka. Meskipun saudara lain, mertua, atau teman dekat menggantungkan diri pada dirinya, ia biasanya tidak keberatan. Bahkan, Tikus yang cerdik akan selalu menemukan sesuatu yang dapat dikerjakan mereka demi keuntungan rumahtangganya sendiri.

Jika rencana tidak berjalan lancar atau ia mengalami suatu kemunduran, Tikus yang biasanya ramah akan memperlihatkan sisi kepribadiaan yang dangkal dan terobsesi dengan hal-hal yang sepele. Oleh karena Tikus sendiri begitu rajin, ia akan sangat jengkel terhadap orang yang tampak malas dan boros. Semua Tikus memiliki potensi untuk bersikap agresif, dan sifat ini biasanya diekspresikan dengan meributkan hal-hal kecil dan terlalu mempedulikan hal-hal yang remeh. Dalam keadaan luar biasa, seorang Tikus yang dalam kesulitan dapat terobsesi dengan rencana-rencana yang harus dijalankan apa pun yang terjadi. Pada saat ini pesona dan sikap mereka yang santai digantikan oleh sikap keras kepala yang tidak dapat diubah. Sifat negatif lain yang ditunjukkan oleh beberapa Tikus termasuk juga kegemaran terhadap gosip dan suatu kecenderungan untuk terlalu banyak mencampuri urusan orang lain (meskipun biasanya dilakukan dengan maksud baik). Warga Tikus lain lemah terhadap segala macam penawaran sehingga akan memenuhi rumah mereka dengan tanda mata dan benda-benda sentimental yang tidak benar-benar mereka perlukan tetapi tidak sanggup mereka lepaskan.

Para tikus bukanlah orang-orang yang dilahirkan untuk bekerja keras. Biasanya mereka lebih suka menghasilkan uang dengan kepandaian mereka. Variasi sangat diperlukan, dan kebanyakan Tikus akan lebih memilih jadwal yang fleksibel daripada rutinitas jam kantor. Tikus teliti terhadap hal-hal yang mendetail, dan sifat ini merupakan suatu kelebihan dalam bidang bisnis. Mereka adalah kritikus sejati yang mampu memberikan penilaian yang jelas dan obyektif. Warga tikus yang tidak dibingungkan oleh harapan yang terlalu muluk terhadap segala macam tugas mampu memahami inti permasalahan dengan cepat.

Bila ambisi Tikus menjadi tidak terkendali, ia dapat menanggung terlalu banyak seorang diri sehingga perhatiannya menjadi terpencar-pencar. Jika ia dapat belajar untuk menyelesaikan apa yang dimulai sebelum melaksanakan proyek lain, Tikus pasti akan berakhir dalam kemakmuran, karena dia cerdik, mampu beradaptasi dan menggemari tantangan.

Warga Tikus Dari Indonesia
B. J. Habibie, N. H. Dini, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Ali Moertopo, Arswendo Atmowiloto, Ivanna Lie, Amir Moertono, Sunandar Prijosudarmo, Ir. Budi Santoso, Sitor Situmorang, Soenawar Soekowati, Sofia W.D., Lasiyah Sutanto, Achmad Tahir, Anna Tairas, Slamet Rahardjo


Warga Tikus Dari Negara Lain
Shakespeare, James Baldwin, Jimmy Carter, Marlon Brando, Mozart, Yves St. Laurent, Pangeran Charles, Pangeran Andrew, Lee Marvin, Richard Nixon, Olivia Newton-John



KERBAU

1901 | 1913 | 1925 | 1937 | 1949 | 1961 | 1973 | 1985 | 1997 | 2009



Jam Kerbau: 01.00 - 02.59

Kerbau melambangkan kemakmuran lewat keuletan dan kerja keras. Orang yang lahir di bawah shio ini dapat diandalkan, dan bersifat tenang dan metodis. Mereka sabar dan pekerja keras, pula berpegang terus pada hal-hal rutin yang sudah menjadi tradisi umum. Meskipun ia biasanya memperlakukan orang lain secara adil dan merupakan pendengar yang baik, adakalanya sulit buat merubah pendapatnya sebab ia keras kepala dan kerap memiliki prasangka kuat.

Namun, karena karakternya yang mantap, orang bershio Kerbau dipercaya untuk memegang jabatan tinggi yang membutuhkan tanggungjawab. Dalam hal memenuhi kewajiban, prestasinya tak akan mengecewakan. Namun, ia perlu berhati-hati supaya jangan mudah terbawa sikap yang terlampau serius.

Di balik penampilannya yang bersahaja tetapi rapi, Kerbau berakal tajam dan berhati tetap. Kecerdasan dan kecakapannya tersembunyi di balik sifat pendiamnya dan sikapnya yang tidak memperlihatkan banyak perasaan. Tapi meski pada dasarnya ia seorang introvert, wataknya yang kuat dapat mengubahnya menjadi pembicara yang fasih dan bernada memerintah, begitu keadaan menuntut demikian. Pada waktu kekacauan timbul, pendiriannya yang kuat dan rasa percaya dirinya yang besar dapat membuat situasinya tertib kembali. Ia mampu tetap berjalan dengan kepala tegak.

Orang yang lahir di bawah shio ini sitematis. Ia patuh terhadap pola-pola yang sudah mapan dan rasa penghargaannya terhadap tradisi besar sekali. Pada dasarnya, ia cenderung buat melakukan apa yang diharapkan dari dirinya. Bahkan pribadinya sedemikian dapat ditebak, hingga orang kerap mengkritiknya sebagai pribadi yang kurang berimajinasi. Namun Kerbau yang mengerti kewajiban tahu, bahwa sukses yang langgeng hanya dapat dicapai dengan mengerjakan segala sesuatu menurut cara yang benar. Pikirannya tidak menerawang ke mana-mana. Anda tak bakal melihatnya mengatasi kemelut dalam hidupnya hanya dengan menunggu sampai nasib merubah keadaannya. Kalau orang bershio lain mencapainya lewat tipu muslihat dan akal bulus, maka orang bershio Kerbau mencapainya lewat kegigihan dan dedikasinya yang luar biasa.

Waspadalah terhadap batas kesabaran Kerbau, karena bila ia sampai naik darah, ia patut diperhitungkan. Tak ada lagi pertimbangan dalam dirinya: ia akan bertindak bagai banteng dan menyerang setiap orang yang berdiri di depannya. Satu-satunya cara adalah menyingkir sampai amarahnya reda kembali. Pendek kata, ia jarang meledak kecuali kalau situasinya tak tertahankan lagi olehnya.

Kerbau dapat bersikap sangat polos kalau sudah menyangkut soal asmara. Ia tak dapat sepenuhnya memahami rayuan cinta dan tidak pandai pula mengembangkan strategi membujuk dan daya pikat lainnya buat membangkitkan perasaan kekasihnya. Jangan berharap lirik-lirik puisi dan kata-kata romantis dari mulutnya, karena ia tak punya ramuan yang tepat bagi hal-hal semacam ini. Hadiah yang diberikannya pun bakal bersifat seperti ia sendiri: bersahaja, namun langgeng.

Warga Kerbau Dari Indonesia
Daryatmo, Christian Hadinata, Sapto Hoedojo, Taufiq Ismail, Leo Kristi, Rudy Hartono, Ki Nartosabdo, Titiek Puspa, Titie Said, Mshuri Saleh, Tino Sidin, Maruli Sitompul, Munawir Sjadzali


Warga Kerbau Dari Negara Lain
Walt Disney, Kaisar Hirohito, Adolf Hitler, Jawarhalal Nehru, Margaret Thatcher, Robert Redford, Dustin Hoffman, Paul Newman, Barry & Maurice Gibb, Putri Diana, Fidel Castro



MACAN

1902 | 1914 | 1926 | 1938 | 1950 | 1962 | 1974 | 1986 | 1998 | 2010



Jam Macan: 03.00 - 04.59

Di Timur, Macan melambangkan kekuasaan, hawa nafsu dan keperkasaan. Sebagai pribadi yang suka berontak, beranekaragam dan tak dapat diramalkan, ia memegang kendali kekaguman dan kehormatan dari segala penjuru. Ia adalah pejuang yang ganas dan tak mengenal takut.

Macan adalah pribadi yang menyenangkan buat diajak bergaul, asal saja anda siap-sedia buat segala macam aktivitas yang datang bersama kepribadian dinamisnya. Vitalitas dan semangat hidup orang bershio Macan ternyata mudah menular. Ia pandai membangkitkan seluruh perasaan dalam diri orang, keculai ketidak acuhan. Dan tidak dapat dipungkiri, Macan yang memikat ini memang senang menjadi pusat perhatian.

Pembawaan Macan yang resah dan tak dapat berdiam diri menyebabkannya selalu tak sabar untuk bertindak. Namun, karena wataknya yang juga mudah curiga, ia terkadang menjadi ragu-ragu atau tergesa-gesa mengambil keputusan. Baginya sulit buat mempercayai orang lain atau menaklukkan pergolakan emosinya. Namun, walaupun temperamennya panas, ia juga tulus, penuh kasih sayang dan murah hati. Di samping itu ia punya selera humor yang mengagumkan.

Dalam kehidupan Macan mestilah ada suatu saat dimana ia akan bertindak hanya berdasarkan dorongan hatinya agar dapat memerankan semua peran fantastis yang diinginkannya. Yaitu, suatu kesempatan saat dimana ia dapat mencibir pada apa yang tak disetujuinya, mencaci masyarakat yang kolot dan mengejek tradisi yang terlalu mengikat. Macan harus mengekspresikan dirinya, menegakkan identitasnya dan membentuk kepribadiannya. Maka seandainya pemberontakan atau kesempatan untuk menyatakan pendapat secara blak-blakan ditawarkan padanya, maka jalan itulah yang akan dipilihnya untuk menyatakan, "Inilah diriku!" Walaupun demikian, sembilan dari sepuluh orang di antara kita bahkan cenderung buat menjagoinya. Kita boleh saja menggelengkan kepala melihat keberaniannya atau menahan napas melihat tindakannya yang gila, namun pada saat yang sama kita juga tak lupa memanjatkan doa dalam hati masing-masing baginya, dan bahkan kita ikut membagi kemenangan bersamanya waktu kita lihat dia sukses.

Kalau Macan sedang kesal, ia akan membutuhkan segerobak simpati dari anda. Jangan memperdebatkan siapa yang benar dan siapa yang salah. Pada saat seperti ini logika tak berarti apa-apa baginya. Jangan segan-segan menghiburnya, sebab ia akan menghibur anda dua kali lebih banyak bila situasinya terbalik. Si Macan akan senang mendengarkan kata-kata bijak anda dan akan memperhatikan setiap nasihat. Namun, itu bukan berarti ia akan mengikutinya. Setelah anda pergi, yah, ada kemungkin besar Macan akan pergi juga dan melaksanaan apa yang telah direncanakannya semula!

Meskipun intensitas perasaannya terkadang membuatnya agak sulit diandalkan pada saat-saat yang menekan baginya, Macan masih dikenal mampu buat menyentuh perasaan publik. Kalau sedang berkepala dingin, pribadinya terasa hangat, sensitif dan simpatik. Sebaliknya, kalau sedang kumat, ia keras kepala, tak bisa ditolerir dan hanya tunduk pada kehendaknya sendiri.

Seperti juga Naga dan Ayam, warga Macan mempunyai ego yang amat besar. Uang, kekuasaan dan ketenaran tak akan berarti apa-apa baginya apabila egonya terluka. Dalam keadaan ini, Macan dapat menjadi pengacau yang paling busuk yang pernah anda temui. Ia akan melakukan apa saja untuk membalaskan dendamnya, meski harus ditebus dengan membakar rumahnya sendiri. Kata-kata yang tampak sepele bagi orang lain bisa saja membakar emosinya, padahal hal-hal besar dibiarkan lewat tanpa digubris. Ingatlah: Macan paling benci kalau diabaikan!

Dua kelemahannya dalam hidup ini adalah ketergesaannya di satu pihak, dan ketidak becusannya mengambil keputusan di lain pihak. Andainya ia belajar buat mengambil jalan tengah, Macan akan merupakan pribadi yang luar biasa sukses.

Di lubuk hati, Macan adalah orang yang amat romantis. Ia senang melucu, namun juga mesra dan sentimental sekaligus, makanya asyik juga jika kebetulan anda berpacaran atau menikah dengan seorang Macan. Namun, perlu diingat ia sangat posesif dan suka mencari gara-gara bila sedang cemburu.

Secara keseluruhan, kehidupan Macan memang berubah-ubah, diwarnai oleh tawa-ria, air mata, sakit hati, kegembiraan, putus asa dan oleh setiap perasaan lain yang dikenal manusia. Meskipun demikian, jangan sekali-kali mengasihani dirinya. Ia tak memerlukannya. Ia hanya dapat mencintai kehidupan apabila ia diperbolehkan buat mereguk isinya hingga puas, tentu berdasarkan cara yang dipilihnya sendiri. Macan adalah pribadi yang luar biasa optimis, yang akan selalu siap kembali bagi tantangan baru.

Warga Macan Dari Indonesia
Roeslan Abdulgani, Kris Biantoro, Abdul Gafur, Ismail Saleh, Ibnu Sutowo, Harmoko, Anton Hilman


Warga Macan Dari Negara Lain
Puteri Anne, Stevie Wonder, Hugh Hefner, Marilyn Monroe, Agatha Christie, Karl Marx, Alec Guinness



KELINCI

1903 | 1915 | 1927 | 1939 | 1951 | 1963 | 1975 | 1987 | 1999 | 2011



Jam Kelinci: 05.00 - 06.59

Kelinci dalam mitologi Cina adalah lambang umur panjang dan dikatakan sebagai turunan Bulan, maka tidak mengherankan bila orang yang lahir pada tahun Kelinci tergolong paling beruntung di antara kedua belas shio lainnya. Kelinci juga melambangkan keanggunan, sopan-santun, nasihat baik, kebaikan dan kepekaan terhadap segala bentuk keindahan. Perkataannya yang lemah-lembut, dan gerak-geriknya yang luwes tetapi cekatan justru membentuk tipe watak yang diperlukan bagi diplomat yang sukses atau politikus yang piawai.

Konon, orang yang lahir di bawah shio Kelinci (yang juga dikenal sebagai shio Kucing) akan mengenyam kehidupan yang tenteram, damai, tenang dan amat menyenangkan. Wataknya pendiam, artistik dan memiliki penilaian yang baik. Kecermatannya sanggup menjadikannya cendekiawan yang baik. Ia juga dapat cemerlang dalam bidang hukum atau pemerintahan.

Namun ia juga memiliki perasaan yang cenderung berubah-ubah, alias moody. Bahkan, pada waktu-waktu tertentu tampaknya ia tersisih dari lingkungannya atau acuh tak acuh terhadap orang lain.

Kelinci amat beruntung dalam bisnis dan transaksi finansial. Ia lihai melakukan tawar-menawar dan selalu sanggup muncul dengan usul atau pilihat yang dapat menguntungkan bagi dirinya. Kepandaiannya bernegosiasi pasti akan mempercepat keberhasilannya dalam karir apa pun.

Sementara orang sampai jatuh-bangun buat mengejar tujuannya, Kelinci tahu betul bahwa dunia masih di sini besok pagi. Jadi, mengapa buru-buru? Mengapa tidak duduk dulu? Bahkan mungkin ia akan membuatkan teh dulu buat Anda dan membantu Anda melupakan persaingan yang gila-gilaan di luar.

Tingkah laku Kelinci biasanya tak tercela. Jarang ia menggunakan kata-kata kasar dan hampir tak pernah menerapkan kata-kata jorok atau tak pantas dalam mengemukakan pendapatnya. Ia memiliki teknik tersendiri, lantas untuk apa cara seperti itu? Kelinci sanggup menyembunyikan diri di balik jubah kesopanannya untuk meluluhkan iman lawannya. Kepercayaan yang diraihnya dari orang juga biasanya tiada tara atau setidak-tidaknya amat baik. Ia akan mengundang Anda makan malam di tempat-tempat nomor satu, menjamu Anda dengan arak terlezat dan melayani setiap kehendak Anda, bila ia sedang mengininkan sesuatu dari Anda. Kemudian, begitu Anda selesai melahap semuanya dan sudah mengepulkan asap cerutu yang mahal dengan rasa puas, ia akan menarik keluar lembaran kontrak untuk Anda tandatangani. Sebelum Anda menyadari, Anda sudah harus bertekuk lutut di hadapannya. Ia sedemikian licin, tak sedikit pun Anda merasa tersinggung apalagi sakit hati. Semuanya cukup disapu dengan mata pena!

Kalau suasana hatinya sedang baik, Kelinci dikagumi karena kelemah-lembutannya, kecerdasannya dan seringkali pula ia dicara orang bagi nasihat-nasihatnya yang masuk akal. Kalau sedang murung, ia terlalu jauh berkhayal, terlalu sensitif atau terlalu acuh. Ia tak mau tahu pada penderitaan atau kesedihan orang lain, seolah-olah itu merupakan penyakit menular baginya. Tambahan pula, semua warga Kelinci biasanya tetap menilai kenyamanannya lebih tinggi dari kepentingan orang lain. Dan tidak dapat dipungkiri, kecintaannya pada perdamaian dibarengi dengan kebenciannya pada konflik terkadang menyebabkan Kelinci dikenal sebagai pribadi yang lembek, bermuka dua, opportunis, dan terlalu suka memanjakan diri sendiri.

Berbeda dengan Naga, Anjing, Macan atau pun Ayam, yang senang bertarung sekali-sekali, Kelinci sama sekali tak suka "berperang". Ia bukan tipe orang yang dilahirkan untuk menjadi pejuang. Ia jaug lebih efektif di belakang layar. Anda tidak usah terlalu memperdulikan keselamatannya, sebab Kelinci gesit, cerdik, dan dilengkapi dengan indra yang baik buat meloloskan diri dari bahaya. Berbeda dengan shio-shio lainnya, yang gemar mengejar cita-cita setinggi bintang, tujuan utamanya dalam hidup hanyalah kesejahteraan yang baik dan langgeng.

Warga Kelinci Dari Indonesia
Basuki Abdullah, Achmad Affandi, Ardiansyah, Mooryati Soedibyo, Tuti Indra Malaon, Harry Roesli, Ali Sadikin, Idris Sardi, Dono Warkop, Sudharmono, Amri Yahya, Gubernur Jateng Ismail, Tarida Hutauruk


Warga Kelinci Dari Negara Lain
Fidel Castro, Albert Einstein, Joseph Stalin, Ratu Victoria, Ingrid Bergman, Bob Hope, Walter Mondale, Frank Sinantra, Pangeran Albert, Idi Amin


  1   2   3   4

Share ing jaringan sosial


Similar:

Tajuk: Menyelamatkan Adik dari Serangan Harimau. 鞭虎救弟记 ( Bahasa Cina Klasik )

Asia Tenggara merupakan sebuah kawasan periferal, akan tetapi kawasan...

Pegunungan Fan Cing san merupakan pegunungan yang sangat terkenal...

Begitu lengkap nya catatan Sampai seorang ahli sejarah modern Amerika...

Sejarah indonesia satuan Pendidikan : sma/ma mata Pelajaran : Sejarah...

Matapelajaran : Sejarah Indonesia

Sejarah Kepramukaan Sedunia

Perkembangan teori sejarah

Sejarah Lengkap Kerajaan Majapahit

7. sejarah perkembangan islam di nusantara

Crita


Nalika Nyalin materi nyedhiyani link © 2000-2017
kontak
c.kabeh-ngerti.com
.. Home